Pesona km 0 Kota Jogjakarta

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Masih seperti dulu.
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh laksana makna. Terhanyut aku akan nostalgi.
Saat kita sering luangkan waktu. Nikmati bersama.
Suasana Jogja.
- Kla project -

Udah hampir 6 tahun gue tinggal di Jogja. Tapi, belum pernah sekalipun gue naik busway. Padahal busway di Jogja itu pelayanan sama fasilitasnya gak kalah lho sama busway yang ada di Jakarta. Harganya pun sangat-sangat bersahabat. Hanya dengan Rp.3.600 lo semua udah bisa menelusuri tempat-tempat hitz di setiap sudut kota Jogjakarta. Bersahabat sekali bukan ? dari harga udah oke, fasilitas juga oke, tapi ada satu hal yang menurut gue gak oke yaitu asap kendaraan yang ditimbulkan busway-busway di Jogjakarta. Kualitas asapnya itu lho, beh ... bikin tobat. 

“Warnanya hitam kalo di hirup jadi apa hayo?”
“Jadi bolong kak”

Mungkin ini alasan kenapa gue sering banget mengalami kesulitan ketika bernafas. Iya, gue sering banget merasa sesek dan sulit bernafas. Apa jangan-jangan paru-paru gue udah tercemar oleh asap busway ato jangan-jangan paru-paru gue bolong. Tapi, amit-amit dah jangan sampai kejadian. Semoga aja pemerintah Kota Jogja bisa lebih memerhatikan masalah yang satu ini. Biar Jogja itu sesuai dengan taglinenya “Jogja bersih berhati nyaman.”


Ngomongin Jogja gak lengkap kalo nggak ngomongin wisatanya. Jadi ceritanya, gue tadi barusan dari km 0 naik busway teman-teman hehe ..hehe akhirnya naik busway juga. Km 0 itu merupakan istilah untuk menyebut kawasan perempatan Kantor Pos Besar di Yogyakarta. Di kawasan ini juga terdapat monumen serangan umum satu maret.


Niat awalnya kesini sebenernya gue pengen ikut meramaikan acara kampusnya temen gue. Semacam demo memperingati hari bumi gitu. Tapi, setelah sampainya di TKP naluri blogger gue tiba-tiba aja muncul. Bukannya gabung sama temen-temen yang lain buat nyiapin acara demonya eh guenya malah asyik foto sana foto sini.

Habisnya km 0 yang sekarang itu udah beda banget sama km 0 yang gue jumpai dua tahun silam. Terakhir gue kesini itu pas gue lagi cari dana buat kebutuhan organisasi, statusnya waktu itu masih maba pula. Sekarang di km 0 ada pocongnya lho.



Beh .. lama banget ya? Padahal gue tinggal di Jogja lho. Selama itu kah gue gak pernah ngelewatin jalan di km 0. Maklum lah namanya juga anak rumahan. Keseharian gue lebih banyak gue habiskan di depan laptop  buat browsing sana sini.

Saking asyiknya, gue gak nyadar kalo acara demonya udah pada bubar. Pas gue coba balik ke tempat yang dijadikan demo, eh taunya mereka udah pada beres-beres.  Gak pengen kedatangan gue ke km 0 jadi sia-sia akhirnya gue melanjutkan hunting objek-objek yang layak untuk diambil gambarnya, itung-itung gambar yang gue ambil nantinya bisa dijadikan bahan buat nulis di blog. 

Ternyata emang bener lho katanya temen-temen gue yang anak photography, kalo ambil foto itu emang paling bagus pada kondisi cahaya pada pagi hari atau menjelang petang. Berikut gambar hasil bidikan gue:



Karena hari udah mulai beranjak gelap akhirnya gue memutuskan untuk menyudahi kegiatan potret-memotret gue di km 0. Kalo biasanya ketika hari minggu tiap menitnya gue habiskan buat malas-malasan di kasur sambil nyemili citoz. Kali ini hari minggu gue bener-bener sarat akan makna kehidupan, ceilah. Meskipun pada akhirnya gue gak jadi ikut demo hehe ... hehe sorry ya brow.
  


Comments

  1. Gan itu keren deh pemandangan petangnya. Btw km 0 tuh dimananya sih? Kalo dr statiun tugu jauh gak? Btw gue pengen trip ke jogja bulan2 depan dr jakarta, jd sembari search2 lokasi bagus di jogja deh hehe salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, kalo dri stasiun tugu deket kok. Elo nanti jalan aja terus ke arah selatan nanti ketemu dah sama km 0. Kalo menurut gue sih deket cuma 700 M kok dari stasiun tugu. Km 0 itu cuma nama persimpangan jalan kok. Harta karunnya itu ya bangunan-bangunan tua yang ada di pinggir jalannya itu. Mulai dari benteng vredeburg, alun-alun utara, keratonnya sultan, trus sama bangunan-bangunan tua belanda yang sekarang jadi markasnya Bank BNI sama Bank Indonesia.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAMSUNG GALAXY S6 KENA PALU

Nasib Uang Recehku

True Friends