Trotoar Kita yang Nggak Banget

Kalian ngerasa gak sih kalo trotoar kita sampai saat ini sepenuhnya belum mampu mengakomodasi kebutuhan para pejalan kaki. Padahal kalo fasilitas yang satu ini bisa sedikit dibenahi, saya yakin minat orang untuk berjalan kaki akan semakin bertambah. 

Sejauh ini saya melihat, Pemerintah tidak menganggapi serius masalah ini. Setelah saya telusuri lebih jauh ternyata ada 10 instansi yang bertanggung jawab atas kenyamanan trotoar. Dari ke 10 instansi itu diantaranya : Dinas pekerjaan umum, Dinas pertamanan yang mengurus pepohonan, Dinas perhubungan yang menangani rambu-rambu lalu lintas, PLN, PAM, dan Telkom (Sumber:Republika.co.id).

Jadi bisa disimpulkan, tidak nyamannya trotoar yang kita miliki saat ini dikarenakan buruknya koordinasi dari dinas-dinas terkait. 

Saya kasih lihat buktinya.

Saya nggak tahu apakah trotoar didaerah kalian juga mengalami hal semacam ini. Tapi yang jelas masalah ini penting banget. Iya dong, pasti. 

Apalagi kalo kota kalian menyandang predikat sebagai kota wisata. Ini sudah jadi tugas wajib pemerintah daerah kalian untuk membenahi buruknya fasilitas trotoar yang ada di kota itu. Kalo pemerintah daerah kalian lupa, cobalah kalian untuk mengingatkan. 

Karena kalo turis domestik mungkin sudah biasa melihat kondisi trotoar yang  buruk trus mereka biasanya lebih memilih untuk menyewa kendaraan dan rela macet-macetan di jalan raya sangat berbeda dengan turis luar yang notabene lebih suka berjalan kaki. Kondisi trotoar yang kota kalian miliki sangat menentukan apakah bule itu akan balik lagi mengunjungi kota kalian tahun depan.

Harusnya tiap kota di Indonesia mampu meniru Bali.  Dari sekian banyak daerah yang pernah saya kunjungi, Trotoar di Bali masih menjadi yang nomor satu. Memang masih ada beberapa tempat di Bali yang kondisi trotoarnya kurang begitu nyaman. Tapi sedikit demi sedikit mulai dibenahi.

Ya mungkin itu saja tulisan saya kali ini terkait masalah trotoar. Tulisan Ini sekaligus menjadi harapan saya di ulang tahun Indonesia yang ke 70. Saya berharap Trotoar di Indonesia bisa dibenahi lagi kalo bisa dibuat senyaman mungkin.

Karena kota yang baik adalah kota yang bisa menghargai para pejalan kakinya. 

Comments

  1. Trotoar di tempat ku jadi lahan parkiirr semua :(
    Menyedihkan banget deh. Mau jalan kaki aja susah sekarang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAMSUNG GALAXY S6 KENA PALU

Nasib Uang Recehku

Kalijodo Di atas Tanah Negara