Ahh .. Jadi Orang Idealis Capek Juga Ternyata

Anda pernah membayangkan tidak? Bagaimana jadinya bila provinsi atau tiap pulau yang ada di Indonesia saat ini coba memerdekakan diri dari Indonesia. Jika hal itu benar-benar terjadi. Saya yakin, Sumatra akan menjadi provinsi atau negara yang paling maju bila dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia saat ini. Asalkan, diikuti dengan pengelolaan yang baik dan moralitas yang baik pula dari para pemimpinnya.



Saya katakan paling maju karena hasil bumi dan pertambangan minyak disana begitu melimpah ( informasi ini saya dapatkan berdasarkan info dari atlas yang beredar saat ini). Kita semua sama-sama tahu jika Jawa dan Bali saat ini masih menjadi tempat favorit untuk mengadu nasib bagi kebanyakan orang Indonesia. Hal ini tentu sangat beralasan karena pembangunan infrastruktur kita masih terpusat pada Jawa dan Bali saja.



Lalu apa jadinya jika republik ini benar-benar bubar. Bali merdeka dan Jawa merdeka. Bali yang bukan pulau industri tentu akan mengandalkan potensi pariwisatanya untuk menopang kebutuhan ekonomi negaranya. Sangat mirip seperti yang dilakukan Maldive atau Maladewa yang menggantungkan diri pada sektor wisata. Oh iya jangan lupakan Hawaii juga. Berkaca pada maldive dan Hawaii bisa dipastikan Bali punya potensi untuk hidup mandiri menjadi sebuah negara.

Setelah semua pulau memerdekakan diri otomatis kas negara yang masuk ke Jakarta tidak akan berlaku lagi. Perekonomian negara Jawa lalu akan ditopang oleh persebaran hasil bumi berupa tembakau, jagung, kopi, kapuk dan beberapa destinasi wisata yang tersebar di berbagai pelosok Pulau Jawa. Dengan potensi alam dan manusia yang dimiliki Jawa saat ini, saya yakin Jawa bisa mematahkan dominasi Cina yang saat ini berpredikat sebagai pengeksopr barang dan jasa terbesar di Asia.

Kemudian Papua dengan freeportnya bisa saja hubungan keduanya akan semakin lengket. Karena hasil dari pertambangan emas di Papua akhirnya tidak perlu lagi dibagi ke pusat dan tentunya tanpa harus ada campur tangan dari berbagai macam birokrasi dan tetek bengeknya.

Jika suatu saat apa yang saya tulis ini benar-benar terjadi, saya tidak akan menghalangi kalian untuk berpisah dari Indonesia. Dengan senang hati saya akan membukakan pintu keluar untuk anda. Saya memang orang yang idealis, tapi cukup realistis. Saya tahu rasa cinta pada Indonesia saja tidak akan cukup untuk membuat perut kenyang. Apalagi bisa hidup enak. Ahh.. rasanya itu semua masih akan menjadi sebuah angan-angan saja untuk saat ini.

Untukmu Indonesiaku, leluhurmu bilang katanya semua kekayaan alam dan isinya dimanfaatkan untuk keperluan hajat orang banyak. Tapi lihat sekarang banyak orang yang masih kesulitan untuk mencari sesuap nasi bahkan untuk sekolahpun mereka harus mati-matian.


Apakah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia hanya sebuah jargon semata?

Comments

Popular posts from this blog

SAMSUNG GALAXY S6 KENA PALU

Nasib Uang Recehku

Kalijodo Di atas Tanah Negara