Jangan Mau Diseragamkan



Pemerintah melalui pendidikan seharusnya mampu mengubah cara pandang anak-anak mudanya dalam memahami sebuah perbedaan. Bangsa kita dikenal sebagai negara dengan keberagaman budaya dan agamanya. Kesenjangan sosial yang terjadi seringkali menjadi pemicu sebuah konflik. Lagi-lagi isu agama lah yang sering menjadi "biang kerok" dari semua persoalan yang terjadi selama ini.



Tentunya kalian sudah banyak mendengar atau melihat sederet kasus kemanusiaan yang dilatarbelakangi oleh Agama. Yang masih hangat terjadi seperti pembakaran Gereja di Singkil, Aceh. Dilihat dari sudut pandang agama manapun  tindakan "liar" semacam ini sama sekali tidak dibenarkan.

Saya secara pribadi  terus terang sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi. Menurut kalian apa yang salah dengan orang Indonesia saat ini? Kemana orang-orang Indonesia yang dulu dikenal begitu ramah dan santun?

Seperti yang saya utarakan diawal, pemerintah melalui pendidikan seharusnya mampu membentuk karakter putra-putri bangsa ke arah yang lebih baik. Tapi, sayangnya pendidikan dibangku sekolah seolah-olah hanya seperti angin lalu bagi kebanyakan orang. Rasa bosan di dalam kelas, cara belajar yang terlalu kaku, ditambah moralitas yang rendah dari guru-gurunya. Tenang! Kalian tidak sendiri. Sayapun juga pernah berada di posisi anda.

Ironinya lagi, banyak sekali sekolah-sekolah (khususnya sekolah swasta) yang kesannya seperti mengkotak-kotakkan diri. Contohnya: Ada sekolah Islam yang hanya menerima murid dari kalangan Islam saja dan sebaliknya.

Inilah yang perlu menjadi perhatian bagi kita semua. Secara tidak sadar selama ini kita sudah terlalu lama diseragamkan. Jadi jangan heran jika muncul prasangka-prasangka buruk terhadap suatu kelompok masyarakat tertentu.  Ya itu semua karena ketidak tahuan tadi. Kehidupan sosialnya terlalu banyak dihabiskan dengan orang-orang yang seiman atau sepaham. Akhirnya timbulah kebencian diantara kelompok-kelompok masyarakat.

Solusi yang saya tawarkan adalah buatlah sekolah-sekolah yang menunjukkan jati diri bangsa kita. Perbanyak sekolah-sekolah swasta yang bersifat umum. Jadi fokusnya tidak hanya pada Agama, ras, atau suku tertentu. Dengan begini keharmonisan antar umat beragama bisa tercipta kembali. Saya harap sih begitu..




Comments

Popular posts from this blog

SAMSUNG GALAXY S6 KENA PALU

Nasib Uang Recehku

Kalijodo Di atas Tanah Negara